Load server script with send email alert

Loadserver script with send mail alert,bashscript,load average,send mail, cek load server,script
Load server script with send email alert  - Sesuai dengan judulnya Loadserver script with send mail alert, kali ini saya akan coba share cara ngecek load average server dimana nanti kita tentukan berapa maksimal load nya dan kalo melewati batas maksimal maka nanti bakal ada alert email ke email kita, begitu ceritanya... :D

Awalnya sih mau dikasih judul pake bahasa indonesia, tapi bingung ngasih judulnya... script loadserver, loadserver script kirim email pemberitahuan, bash script loadserver kirim email, command line cek loadserver mail... tuh kan... bingung jadinya, ya sudah saya kasih judul pake bahasa bule aja... Check Loadserver script with send email alert .. heheh.. ;)

Ok, langsung saja berikut ini scriptnya:

#! /bin/bash

load_avg=`uptime | awk '{print $11}' | sed 's/,//g'`
waktu=`date`
host=`hostname`
ngeload_limit="0.03"

if [ $load_avg>=$ngeload_limit ]; then
alert="Loadaverage $load_avg $host"
mail -s "Load Average $host pada $waktu mencapai $load_avg" lolod@lodlod.com momod@momomod.net << EOF
$alert
EOF
fi


Keterangan:

Nah, setelah kita membuat script tersebut.. tentunya kita diwajibkan mengerti maksdu dari script tersebut jadi tidak asal copas/ketik ... ;)
# load_avg=`uptime | awk '{print $11}' | sed 's/,//g'`
perintah ini digunakan untuk menentukan loadserver berdasarkan uptime. Dimana kita filter hanya mengambil angka loadnya saja pake perintah awk, untuk lebih jelas tentang perintah awk nanti saya coba buatkan atau bisa dicari di google :D.  Nah.. terus ada perintah sed 's/,//g'`  , perintah tersebut untuk mengilangkan karakter tertentu, pada contoh diatas saya ingin menghilangkan tanda koma (,)
# waktu=`date`
# host=`hostname`
# ngeload_limit="0.03"

Kalo ketiga perintah diatas adalah untuk mendefnisikan/variable mungkin bahasa gaulnya... :D dimana akan menampilkan waktu, nama host, dan menentukan limit load server yang kita inginkan.

if [ $load_avg>=$ngeload_limit ]; then
alert="Loadaverage $load_avg $host"
mail -s "Load Average $host pada $waktu mencapai $load_avg" nandang@pasarhosting.co.id satria.aziz@pasarhosting.co.id << EOF
$alert
EOF
fi

Nah, kalo yang terakhir ini untuk melakukan pernyataan, jadi singkatnya gini, jika $load_avg>=$ngeload_limit maka akan ada email alert yang kemudian akan dikirim ke alamat email lolod@lodlod.com momod@momomod.net .


Kurang lebih seperti itu penjelasannya, maaf jika kurang jelas.. maklum... saya sendiri masih awam dan agak bingung juga kalo ngejelasin yang kaya ginian. Intinya kalo udah dicoba terus dipelajari, pasti ngerti sendiri deh.. dijamin... ;)


Terimakasih sudah berkenan membaca artikel "Loadserver script with send email alert" . Dan jangan lupa baca juga artikel yang ini "Mengatasi error 403 You don't have permission to access / on this server" .

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Regards,..


Autiz Code 

2 komentar:

  1. kalo utk load average otomatis rebot server bijimane gan?

    BalasHapus
  2. kalo utk load average otomatis rebot server bijimane gan?

    BalasHapus