Mengetahui Lokasi File DNS Zone via SSH

Mengetahui Lokasi File DNS Zone via SSH, letak dns zone sshMengetahui Lokasi File DNS Zone via SSH Mungkin diantara sobat pengguna VPS ada yang belum tahu sebenarnya lokasi/direktori tempat menyimpan file DNS Zone itu dimana jika kita mencarinya melalui ssh dengan menggunakan command line. Nah, ini pernah saya alami sendiri.. jadi saya posting saja. Mungkin bermanfaat.. ^_^ .

Jika kita langsung masuk melalui akun WHM lewat browser, untuk menemukan lokasi DNS Zone tentunya kita tinggal mencarinya pada menu DNS Functions. Sedangkan jika kita ingin mencari lokasi DNS Zone melalui SSH yaitu letaknya ada di /var/named/ . Caranya gimana? mungkin ada yang belum tau...kalo yang udah tau boleh nyimak... :D Caranya mudah saja, yang pertama untuk masuk ke direktori /var/named/ posisi kita harus ada di: root@server [/]# jangan di root@server [~]# Perhatikan perbedaannya "[/]" dengan "[~]". Kita tidak akan menemukan direktori /var/named/ ini jika posisi kita ada di root@server [~]# .

Jika kebetulan posisi sedang ada di root@server [~]# , kita tinggal beralih saja, caranya ketik cd / . Maka kita akan beralih ke root@server [/]#. Nah, setelah itu baru ketik perintah berikut ini cd /var/named . Kemudian kita lihat isi dari direktori /named tersebut dengan mengetikan perintah ls, ll atau bisa juga ls -l, bedanya kalau ls hanya menampilan isi tanpa menampilkan lengkap dengan atribut lain seperti permission, owner, ukuran file, dll. Sedangkan ll dan ls -l akan menampilkan lengkap atributnya.

Dalam direktori /named tersebut akan ada file dengan format seperti ini misalnya; domain.com.db , nama.domain.db. Dalam file-file tersebutlah kita bisa melihat masing-masing DNS Zone suatu domain . 
Kita bisa melihatnya dengan mengetikan perintah nano domain.com.db .


Semoga artikel Cara Mengetahui Lokasi File DNS Zone via SSH ini bermanfaat. Aamiin... Selamat mencoba... ^_^


Regards,.


Autizcode

0 komentar:

Posting Komentar